UPT SMPN 1 Siak Hulu Raih Juara Petanque se-Riau

94

RADARINDO.co.id – Kampar : Kejuaraan Pentaqeu antar pelajar se-Riau Tahun 2023 telah diselenggarakan di UPT SMPN 1 Siak Hulu pada 25-27 Agustus 2023 lalu.

“Kegiatan tersebut diikuti peserta dari 5 kabupaten/kota, terdiri dari Kabupaten Kampar, Bengkalis, Inhu, Kuansing dan Kabupaten Batu Sangkar dari Provinsi Sumatera Barat,” sebut Kepala UPT SMPN 1 Siak Hulu, Jasir M.Pd, Selasa (05/9/2023) diruang kerjanya.

Baca juga : Hassanudin Resmi Jadi Pj Gubernur Sumut


Jasir didampingi Guru Olahraga, Jumadi MPd, menjelaskan bahwa olahraga Petanque sebagai olahraga masa kini.

Menurutnya, Petanque awalnya merupakan permainan tradisional asal negara Prancis. Setelah dipopulerkan lanjutnya, kini Pentaque olahraga yang dipertandingkan dengan kategori olahraga individual dan beregu (singel, double, triple).

“Olahraga Pentaque saat ini sudah mulai modern dan berkembang ke negara lain, termasuk negara Indonesia. Di kabupaten Kampar saat ini UPT SMPN 1 Siak Hulu sebagai pengembang olahraga Pentaque, dan telah menyediakan tempat pertandingan serta siap menjadi tuan rumah,” kata Jasir.

Baca juga : Strategi Memilih Benih Kelapa Sawit Berkualitas

Sementara, Jumadi MPd menambahkan, Petanque adalah permainan olahraga melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut Cochonet serta diletakkan didepan pemain sebagai sasaran dan kaki harus berada pada lingkaran kecil.

Pada pertandingan Petanque, Kabupaten Kampar berhasil meraih juara I dengan mendapat 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Juara II diraih Bengkalis mendapat 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sementara, juara III diraih Kuansing mendapat 2 perunggu. “Pertandingan Petanque antar pelajar se-Riau ini, Kabupaten Kampar menurunkan atlet siswa siswi UPT SMPN 1 Siak Hulu binaan Petanque Club dan meraih juara 1, 2, 3 kategori triple serta juara 3 kategori double,” jelas Jumadi. (KRO/RD/SM)