Strategi Memilih Benih Kelapa Sawit Berkualitas

72

RADARINDO.co.id : Sebuah perkebunan kelapa sawit yang berhasil adalah yang mampu menghasilkan buah panen dengan kuantitas tepat dan kualitas yang terjamin secara mutu. Hal ini hanya bisa diraih dengan berbagai faktor penting.

Baca juga : Kapolda Sumut: Restorative Justice Wujudkan Keadilan Bagi Masyarakat

Salah satu faktor penting adalah pemilihan bibit-bibit terbaik yang kelak menjadi pohon-pohon subur yang mampu menghasilkan buah-buah sehat dan berkualitas. Namun, banyak para pengusaha dan juga pengelola yang belum paham bagaimana sebenarnya wujud dan ciri serta bibit-bibit terbaik.


Ciri-ciri bibit unggul diantaranya berasal dari kecambah biji kecil. Ukuran bijinya harus kecil dan tidak terlalu besar. Jangan memilih biji-biji besar karena itu mungkin saja bukanlah bibit-bibit unggulan.

Baca juga : Pemeriksaan Cak Imin Ditunda Pekan Depan

Memiliki plumula 1/3 dan radikula 2/3. Jika ukurannya kurang atau lebih dari yang disebutkan, maka dipastikan itu bukanlah bibit berkualitas. Perhatikan dengan seksama tempurung yang ada. Strukturnya harus licin dan tidak memiliki serat.

Pada butir kecambah terdapat tulisan berasal dari lembaga Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Biasanya, yang berkualitas serta lolos uji adalah yang telah disahkan oleh lembaga ini. Selain itu, ukuran kecambah juga seragam. Jika ada yang lebih besar dari yang lain, mungkin saja itu bukanlah bibit unggul. (KRO/RD)