Walikota Padangsidimpuan Hadiri Toba Jou-jou Festival 2023

29

RADARINDO.co.id – Psp : Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH. MM menghadiri Toba Jou-jou Festival 2023 yang digelar Bank Indonesia Perwakilan Sibolga. Acara tersebut bertujuan untuk mempererat kerja sama antar daerah dalam rangka pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulan.

Festival yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Juni 2023 tersebut, diselenggarakan di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Balige.

Baca juga : PTPN III Serahkan Bantuan Tenda

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias, menjelaskan bahwa Toba Jou-jou Festival 2023 merupakan hasil dari upaya pengembangan UMKM unggulan oleh Bank Indonesia Sibolga.

Festival ini merupakan acara utama yang melibatkan sinergi dan kolaborasi antara Bank Indonesia Sibolga, Bank Indonesia Sumatera Utara, Bank Indonesia Pematang Siantar, Pemerintah Kabupaten Toba, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Sinergi dan kolaborasi yang telah dilakukan sejak awal tahun 2023 melibatkan berbagai program, termasuk onboarding, business matching, dan kurasi yang melibatkan kurator nasional, ujar Yuliansah Andrias dalam acara pembukaan.

Sementara, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH. MH menyampaikan bahwa pemerintahannya telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Tapanuli Utara dalam hal pasokan cabai merah untuk Kota Padangsidimpuan.

Baca juga : RSI Siap Tingkatkan Produktivitas Mutu Sawit Petani

Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan Kabupaten Humbang Hasundutan dalam pasokan bawang merah, mengingat produk yang dihasilkan oleh petani di daerah tersebut tidak mencukupi kebutuhan konsumsi di Padangsidimpuan. Walikota menjelaskan bahwa Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama tersebut telah dijalankan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perdagangan. Kerjasama ini dilakukan antara beberapa Koperasi di Padangsidimpuan, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan. (KRO/RD/thoms)