Bupati Samosir Bersama Petani Tanam Kentang di KPT Hariara Pintu

49

RADARINDO.co.id-Samosir : Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, bersama Ketua Komisi II DPRD Samosir Parluhutan Samosir, Kelompok Tani dan Tim Martin Manurung Center Kabupaten Samosir melakukan penanaman kentang di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Selasa (07/11/2023).

Baca juga : Desa Pematang Rambai Sampaikan Hasil Kolaborasi dengan Pemkab Batu Bara

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP menjelaskan, pengadaan bibit kentang yang dialokasikan di KPT Hariara Pintu bersumber dari APBN Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI TA 2023 sebanyak 10.000 Kg yang disalurkan kepada Kelompok Tani Saut Tani, Jadi Tani, Utama Tani dan Taruli Tani. Bibit yang ditanam merupakan bibit dari pengalengan sesuai dengan permintaan para kelompok tani.

Tumiur menyampaikan bahwa bibit bantuan ini seluruhnya harus ditanam di areal lahan KPT Hariara Pintu.

Camat Harian Hartopo Manik dalam sambutannya menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian serius dari pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani. Oleh karenanya, Hartopo meminta kepada petani penerima agar dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Mari kita tanam dan rawat dengan baik. Kalau bapak dan ibu bertani dengan semangat, saya yakin pemerintah akan memberikan lebih lagi perhatian,” ujarnya.

Mewakili Martin Manurung, Jabalos Simbolon dari Tim MMC Kabupaten Samosir menyampaikan, bantuan ini merupakan buah dari sinergitas Bupati Samosir Vandiko Gultom dengan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung dan Kementerian Pertanian.

Baca juga : Cemari Sungai, Air Lindi TPA Sumurbatu dan TPST Bantar Gebang Disorot

Ketua Komisi II DPRD Samosir Parluhutan Samosir juga menyampaikan apresiasi kepada Martin Manurung. Berkat dukungan melalui aspirasinya bantuan ini bisa diterima oleh petani.

Parluhutan berharap bantuan ini dapat memacu semangat para kelompok tani dikawasan KPT Hariara Pintu, sehingga kedepan bisa mewujudkan petani yang mandiri dan menjadikan KPT sebagai model pertanian di Kabupaten Samosir.

Sementara, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menekankan bahwa program bantuan ini adalah hasil sinergi bersama Kementan RI dibantu aspirasi Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, SE, M.A.

Kepada penerima, Vandiko meminta agar melakukan budidaya dengan sebaik-baiknya, mulai dari pertanaman, pemeliharaan sehingga bisa panen tepat waktu dan memperoleh hasil yang maksimal, tentu dengan pendampingan dari petugas penyuluh dari Dinas Ketapang dan Pertanian.

(KRO/RD/P Simbolon)