Deteksi Dini Anemia Menuju Generasi Berkualitas

11

RADARINDO.co.id-Medan : Para anak didik SMKS Yapim Taruna Marelan, menjadi peserta kegiatan penyuluhan tentang deteksi dini anemia menuju generasi berkualitas.

Baca juga : Personil Detasemen 45 Anti Anarkis Laksanakan Patroli

Kegiatan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di SMKS Yapim Taruna Marelan baru-baru ini tersebut, mengangkat tema ‘Anemia Menuju Generasi Berkualitas Pada Remaja’.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Bd Nurul Mouliza SST MKM mengatakan, anggota PKM yang turut dalam kegiatan itu adalah Bd Nuriah Arma SST MKeb, Bd Debby Pratiwi SST MKM, Nurul Syahfitri, dan Nanda Eka Pratiwi. 

Diakuinya bahwa kegiatan tersebut turut dibantu Kepala SMKS Yapim Taruna Marelan dan seluruh dewan guru. Bahkan lanjutnya, pihak sekolah mengusulkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan.

Karena dianggap sangat membantu meningkatkan pengetahuan anak didik dalam melakukan pencegahan anemia serta stunting pada remaja. “Karena remaja harus mengetahui terkait makanan sehat dan bergizi untuk generasi penerus bangsa yang berkualitas,” ujar Nurul.

Baca juga : KPK Diminta Usut Proyek Dinas Kesehatan Pemkab Batu Bara Miliaran Rupiah Diduga Fiktif

Dijelaskan Nurul, selain memberikan informasi pencegahan anemia pada remaja, kegiatan itu juga bisa meningkatkan pengetahuan serta kemampuan dalam penerapan kesehatan dan gizi.

“Makanan yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan dalam tubuh
Jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dapat mempengaruhi konsentrasi dan kinerja belajar remaja. Dengan mempertahankan kadar zat besi yang cukup, remaja dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka,” terangnya.

Menurutnya, anemia dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mencegah anemia sambung Nurul, mereka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. (KRO/RD)