Ini Beberapa Jenis Tanaman Bisa Usir Nyamuk

22

RADARINDO.co.id : Nyamuk tak cuma mengganggu, tetapi juga membawa berbagai penyakit. Serangga yang sangat mengganggu ini juga telah dikenal sebagai hewan mematikan di Bumi dan menyebabkan sekitar 750.000 kematian per tahun.

Biasanya, untuk mengusir nyamuk, orang akan cenderung menggunakan semprotan nyamuk, raket nyamuk atau membakar anti nyamuk bakar.

Baca juga : Ingin Mengetahui Darimana Asalnya Ombak di Laut?, Baca Ini

Tetapi, perlu diketahui bahwa ada banyak spesies nyamuk yang berbeda dan obat nyamuk di pasaran sebenarnya tidak secara spesifik menargetkan spesiesnya. Mereka hanya berfokus pada cara kerja yang sama di antara semua nyamuk yaitu menyerang reseptor sensoriknya.

Menurut sains, bisa menggunakan beberapa tanaman untuk mengusir nyamuk. Menggunakan tanaman bisa jadi alternatif jika Anda merasa bahwa bahan kimia dalam pengusir nyamuk bisa mengiritasi kulit atau mendatangkan efek samping lainnya. Beberapa contoh tanaman yang bisa digunakan adalah daun mimba, cengkeh (eugenol), kapur barus, minyak lemon eucalyptus, cedar. Berikut beberapa jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk.

Serai

Serai terbukti mampu mengusir nyamuk karena minyak sereh yang terkandung di dalam daunnya. Anda bisa menggunakan daun sereh yang dihancurkan lalu menggosokannya pada kulit

Lemon thyme

Lemon thyme adalah tanaman beraroma jeruk lainnya yang bisa menolak serangga seperti nyamuk. Dikutip dari laman Almanac, anda bisa membakar lemon thyme untuk menjauhkan nyamuk dari wilayah sekitar.

Baca juga : Begini Cara Tepat Dekorasi Rumah

Lavender

Lavender memiliki aroma kuat yang bisa mengusir ngengat, lalat, kutu, dan nyamuk. Penggunaan lavender segar atau dikeringkan bisa mengusir nyamuk dengan cara digantung dan ditaruh di rumah atau di dekat pakaian. (KRO/RD/LFS)