PKBM Ziona Jalin Kemitraan dengan Prodi Teknologi Informasi Universitas Nias

6

RADARINDO.co.id – Nias : Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ziona telah melaksanakan berbagai program kegiatan yang bermuara pada peningkatan sumber daya manusia di Kepulauan Nias.

Baca juga : PT Medan Kabulkan Putusan Banding Klien LBH SHMART Kasus Perdata

Terlebih dalam hal penguasaan teknologi dan informasi, PKBM Ziona cukup memberikan perhatian, misalnya penguasaan computer, multimedia, desain grafis, dan digital marketing. Program-program tersebut diimplementasikan dalam program pendidikan, pelatihan, serta sertifikasi dan kewirausahaan.

Melihat beberapa program strategis yang terdapat di PKBM Ziona, Universitas Nias yang merupakan salah satu universitas terbesar di Kepulauan Nias, melalui Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi mengajak PKBM Ziona untuk menjalin kemitraan.

Kemitraan tersebut dikemas dalam bentuk perjanjian kerjasama yang disepakati oleh Kepala PKBM Ziona dan Ketua Program Studi Teknologi Informasi di sekretariat PKBM Ziona, Kamis (30/05/2024).

Ketua Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nias bersama Kepala PKBM Ziona melakukan penandatanganan Perkanjian Kerja Sama.

Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam perjanjian tersebut yakni Inovasi yang terdiri dari Teknologi Pendidikan, Laboratorium Inovasi, Kompetisi Inovasi, Kolaborasi Inovasi, Pembinaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi, Platform Kolaborasi.

Kemudian, Program Pendidikan dan Pengajaran yang terdiri dari Program Magang dan Praktek Kerja Lapangan, Kuliah Tamu dan Seminar, Workshop dan Pelatihan Teknis, Akses Fasilitas dan Sumber Daya, Program Sertifikasi, Bimbingan Akademik, Proyek Kolaboratif, Pelatihan Guru, Pertukaran Pengajar.

Baca juga : Apartemen Dijadikan “Pabrik” Narkoba, Pasutri Digelandang ke Penjara

Selanjutnya, Program Penelitian dan Pengembangan yang terdiri dari Penelitian Kolaboratif, Publikasi Ilmiah, Pengembangan Produk Teknologi, Kompetisi Penelitian, Studi Kasus Berbasis Industri, Forum Ilmiah/Diskusi.

Serta Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari Festival Teknologi, Pelatihan Teknologi Informasi, Pengembangan Sistem Informasi, Penyuluhan Teknologi, Program Literasi Digital, Proyek Sosial Teknologi, dan Pendampingan UKM Lokal.

Kepala PKBM Ziona, Rido Favorit S Waruwu, S.Pd menyambut baik kedatangan Ketua Program Studi Teknologi Informasi UNIAS bersama Wakil Dekan III dan para dosen.

Diharapkan, kerjasama yang dijalin akan semakin berkembang untuk kemajuan sumber daya manusia di Kepulauan Nias. Disamping itu sebagai bukti nyata bahwa PKBM Ziona selalu siap bermitra dengan pihak manapun yang memiliki visi misi yang sama serta mau berkolaborasi demi kemajuan Kepulauan Nias.

Sementara Ketua Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nias, Ofelius Laia, S.Kom., M.Kom menyampaikan bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama itu merupakan agenda utama Program Studi Teknologi Informasi dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi, juga untuk menunjang program yang diselenggarakan, serta bersinergi menciptakan inovasi dalam kurikulum, peluang magang dan penelitian bersama serta program literasi digital kepada masyarakat.

Selain agenda penandatanganan perjanjian kerjasama, Program Studi Teknologi Informasi juga melakukan kunjungan untuk melihat ketersediaan sarana dan prasarana di laboratorium komputer di PKBM Ziona yang dinilai cukup memadai untuk dijadikan sebagai tempat pendidikan dan pelatihan dan uji kompetensi.

Harapannya, dengan ketersediaan sumber daya dan fasilitas yang ada dapat memperkuat sinergitas antara PKBM Ziona dan Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nias. (KRO/RD/Rd)