Plh Sekda Kota Padangsidimpuan Tanam Bawang Merah di Desa Mompang

333

RADARINDO.co.id-Psp: Pj Walikota Padangsidimpuan H.Letnan Dalimunthe SKM. M.Kes, diwakili Plh Sekretaris Daerah, Rahuddin Harahap SH. MH, memimpin kegiatan tanam perdana bawang merah di Desa Mompang, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Kamis (12/10/2023).

Baca juga : Rekayasa Jual Beli Gula Rugikan Negara Rp570 Miliar, Ternyata Begini Aliran Dana PT. KPBN

Kepala Desa Mompang, Aidul Putra Harahap, mengucapkan selamat datang di Desa Mompang. Ia berharap, kedatangan pimpinan menjadi penyemangat bagi petani untuk produktif.

Sementara Ketua Koptan Simangornop, Ardiansyah Siregar, menyebutkan, kegiatan tanam bawang sudah rutin mereka laksanakan. 

“Kali ini kami akan menanam bawang merah dilahan seluas 3000 meter persegi, dengan harapan hasil yang didapat antara 2,5 hingga 3 ton,” ungkapnya.

Plh Sekretaris Daerah, Rahuddin Harahap SH. MH, mengakui tantangan global dengan semakin banyaknya populasi manusia dan keterbatasan lahan. Ia memberikan apresiasi kepada Ketua Koptan Simangornop sebagai salah satu tokoh petani milenial yang berperan aktif dalam mendorong produktivitas petani di Padangsidimpuan Angkola Julu.

“Saya juga ingin menyampaikan, produksi bawang merah yang sebelumnya 0 hingga saat ini 50% telah bisa memenuhi kebutuhan Kota Padangsidimpuan dibawah pimpinan kita sebelumnya Pak Irsan Efendi. Dengan keberlanjutan pertanaman ini optimis untuk meningkatkan jumlah produksi bawang merah di Kota Padangsidimpuan,” tuturnya.

Baca juga : Tim Opsnal Polsek Tambang Tangkap Pelaku Penganiayaan

Rahuddin Harahap SH MH juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah untuk bekerja sama dalam hilirisasi, dengan harapan bawang merah dapat diolah secara beragam, memberikan dampak positif bagi masyarakat petani.

Kehadiran sejumlah pejabat, termasuk Kadis Pertanian, Kadis PMD, Kadis Perindagkop, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Padangsidimpuan Angkola Julu, Kabag Prokopim, Kabag Perekonomian, PPL, dan Penyuluh Pertanian, memperkuat sinergi antarinstansi dalam mendukung kegiatanĀ ini. (KRO/RD/thoms)