Angkringan Kesawan Nusa Dua Tawarkan Berbagai Hidangan Lezat dan Terjangkau

208

RADARINDO.co.id – Medan : Kabar gembira bagi warga Sumatera Utara khususnya warga Kota Medan. Kini telah hadir tempat tongkrongan bernama Angkringan Kesawan Nusa Dua Heritage yang menawarkan berbagai hidangan khas yang lezat dengan harga terjangkau.

Dari catatan yang diterima RADARINDO.co.id, Rabu (05/6/2024), sebelumnya tempat angkringan idaman, khususnya generasi milenial itu adalah Rumah Sakit Tembakau Deli yang terletak di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga : PTPN IV PalmCo Regional 1 Latih  30 Mitra Binaan

Rumah Sakit Tembakau Deli didirikan pada tahun 1885 oleh Mr Ingerman yang juga menjabat sebagai General Manager perusahaan Deli Maatschappij, salah satu perusahaan perkebunan tembakau terbesar milik Belanda di Sumatera Timur.

Pendirian rumah sakit ini awalnya ditujukan sebagai layanan kesehatan bagi pekerja perkebunan Deli Maatschappij dan keluarganya, seiring dengan perkembangan industri perkebunan tembakau yang pesat di wilayah Sumatra Timur.

Rumah Sakit Tembakau Deli menyediakan berbagai layanan medis, termasuk perawatan umum, bedah, dan spesialisasi medis lainnya.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan modern pada saat itu, mencerminkan komitmen Deli Maatschappij untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan pekerjanya.
Rumah Sakit Tembakau Deli berpindah tangan menjadi milik PTPN II pada saat Indonesia Merdeka.

Rumah sakit inipun melanjutkan pengabdiannya kepada warga Kota Medan dengan berdiri dibawah naungan PTPN II bersama dua rumah sakit perkebunan lainnya, yakni Rumah Sakit GL Tobing di Tanjung Morawa dan Rumah Sakit Bangkattan di Binjai. Namun sayangnya, Rumah Sakit Tembakau Deli harus berhenti beroperasi pada tahun 2011.

Rumah Sakit Tembakau Deli sendiri, secara resmi sudah diumumkan sebagai situs cagar budaya oleh Pemerintah Kota Medan. Dimana, gedung bersejarah Rumah Sakit Tembakau Deli merupakan simbol penting dari masa lalu yang kaya akan nilai-nilai sejarah.

Baca juga : Polisi Gerebek Dua Lokasi Pabrik Oli Palsu

Dengan rencana revitalisasi yang ada, diharapkan gedung ini dapat terus berfungsi sebagai bagian penting dari warisan budaya dan sejarah Kota Medan, memberikan manfaat baru bagi generasi mendatang, dan tetap menjadi pengingat akan masa lalu yang berharga.

Kini, bangunan bersejarah ini diubah menjadi tempat makan yang bertema angkringan. Proses revitalisasi ini mencakup bagian arsitektur kolonial yang khas dan penambahan elemen-elemen modern untuk kenyamanan pengunjung.

Angkringan ini juga menyediakan jajanan kekinian yang banyak diminati khususnya generasi milenial serta menawarkan suasana santai.

Transformasi ini diharapkan dapat menghidupkan kembali bangunan bersejarah tersebut, menjaga nilai-nilai sejarahnya, dan memberikan fungsi baru yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk berkumpul, menarik wisatawan, serta memberi kehidupan baru pada situs bersejarah tersebut.

Angkringan Kesawan Nusa Dua Heritage menawarkan berbagai hidangan khas angkringan yang lezat dan terjangkau. Menu yang disajikan antara lain dimsum, sate usus, sate kulit, tteobokki, serta aneka gorengan seperti tempe mendoan dan pisang goreng.

Tak hanya makanan lezat saja, Angkringan Kesawan Nusa Dua Heritage juga menyediakan berbagai minuman segar dan sehat seperti wedang jahe serta teh tarik untuk melengkapi pengalaman kuliner.

Transformasi ini juga membawa dampak positif bagi perekonomian lokal. Angkringan Kesawan Nusa Dua Heritage menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan peluang bagi para pedagang kecil untuk memasarkan produk mereka.

Selain itu, tempat ini menjadi pusat aktivitas sosial baru, dimana warga dapat berkumpul, bersantap, dan menikmati hiburan. (KRO/ Penulis: Resky Aulia Indrian, Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah – USU)