Boleh Dicoba, Ini Obat Tradisional Hilangkan Kutu Rambut

50

RADARINDO.co.id : Ketika kepala dijadikan sarang oleh kutu rambut, tentunya sangat tidak nyaman dan cukup mengganggu. Terlebih rasa gatal yang ditimbulkan, saat kutu menggigit kulit kepala untuk menghisap darah. Hal itu membuat kita terus ingin menggaruk kepala, tak peduli meski didepan umum. 

Baca juga : Ini Mitos Kutu Rambut yang Masih Dipercaya

Tentu saja, jika kita terus-terusan menggaruk kepala karena gatal akibat kutu, pasti sangat memalukan. Ketika kepala dihinggapi oleh kutu rambut, biasanya susah untuk dihilangkan. apalagi pertumbuhan kutu rambut sangatlah banyak dan cepat.

Namun tidak perlu khawatir, kutu rambut dapat dihilangkan dengan beberapa obat tradisional alami. Bahkan tak perlu biaya mahal dan juga obat kimia. Melansir tribunmedan.com, berikut beberapa cara menghilangkan kutu rambut dengan obat tradisional.

Minyak wijen

Minyak wijen dipercaya ampuh untuk membasmi kutu rambut. Minyak wijen memiliki beberapa sifat diantaranya antibakteri, antijamur, dan anti inflamasi. Hal inilah yang membuat minyak ini ampuh melawan serangga pengganggu tersebut. Campur 6 sendok makan minyak wijen dengan 1 sendok teh tea tree oil, lalu gosokkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama 2 jam, kemudian bilas rambut dengan air bersih dan sampo.

Minyak zaitun

Minyak zaitun juga merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan kutu dan telur kutu rambut. Minyak zaitun mampu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh kutu. Selain itu juga mengurangi rasa gatal dan kekeringan yang berlebihan. Panaskan 4 sendok makan minyak zaitun hingga suhunya cukup hangat untuk kulit. Lalu campurkan dengan jus lemon dan aplikasikan ke rambut. Tutup rambut dengan topi mandi dan biarkan bekerja selama semalam.

Baca juga : Petan, Tradisi Lawas yang Masih Dilakukan Hingga Kini

Minyak kelapa

Kandungan bahan anti parasit dan anti bakteri pada minyak kelapa, dipercaya mampu membasmi kutu dan telur kutu. Campurkan 6 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok teh minyak rosemary. Panaskan hingga suhunya hangat dan cukup aman untuk kulit kepala. Kemudian gosokkan ke rambut dan kulit kepala, pijat perlahan selama beberapa menit. Selanjutnya, tutup rambut dengan topi dan biarkan selama 6-8 jam.

Bawang putih Senyawa sulfur dan bau yang tajam pada bawang putih diyakini ampuh untuk membasi kutu rambut. Haluskan 8 siung bawang putih dan campur dengan 3 sendok makan jus lemon. Kemudian aplikasikan di kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit. Setelahnya, bilas dan gunakan sampo untuk membersihkan rambut. (KRO/RD/TRB)