Dosen Prodi D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Laksanakan PKM di SMKN 3 Medan

6

RADARINDO.co.id-Medan : Dosen Prodi D3 Kebidanan Institut Kesehatan Helvetia Medan melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Negeri 3 Medan, belum lama ini. PKM tersebut diketuai Bd Debby Pratiwi, SST, M.KM dibantu anggota yakni, Marlina SKM MKM, Bd Nurul Mouliza SST MKM, Naya Syuhada dan Nasthasya Nuriana.

Baca juga : Deteksi Dini Anemia Menuju Generasi Berkualitas

“Tema PKM adalah kompres hangat dalam mengurangi nyeri menstruasi pada remaja putri,” sebut Ketua PKM, Bd Debby Pratiwi, SST, M.KM kepada RADARINDO.co.id, Selasa (14/5/2024).

Menurut Debby, tema itu diambil karena banyak siswi remaja putri mengalami nyeri saat menstruasi setiap bulannya. Dengan dilakukan kompres hangat dapat mengurangi nyeri dan bisa lebih nyaman beraktifitas.

Debby mengatakan, kegiatan ini dibantu Kepala SMK Negeri 3 Medan dan seluruh dewan guru. Mereka sangat antusias dan berharap para siswa bisa lebih paham dalam mengatasi menstruasi setiap bulannya.

Menurutnya, tujuan kegiatan melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi itu dengan cara memberikan edukasi tentang kompres hangat dalam mengurangi nyeri menstruasi pada remaja putri.

Debby menambahkan, kegiatan ini juga memberikan informasi pencegahan nyeri menstruasi pada remaja. “Peningkatan pendidikan berdampak pada pengetahuan dan kemampuan dalam penanganan nyeri menstruasi, sehingga remaja berada dalam keadaan sehat dan nyeri menstruasi tidak mengganggu aktivitas dalam mengikuti proses belajar,” jelasnya.

Dia menuturkan, kompres hangat dengan mengunakan buli-buli panas yang mana secara konduksi terjadi pemindahan panas dari buli-buli ke dalam tubuh, sehingga akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah sirkulari menjadi lancar dan akan menjadi ketegangan otot, sesudah otot miometrium rilek, rasa nyeri yang dirasakan berangsur-angsur berkurang bahkan hilang.

Baca juga : Pertahankan Tanah Perjuangan, Warga Serbaguna Pasar 4 Bakar Ban Hadang Petugas PN

Selain dengan menggunakan kompres hangat, lanjut Debby, pencegahan terjadinya nyeri haid dengan cara menjaga pola makan, yaitu dengan mengkonsusmsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah, sayur-sayuran serta ikan dan daging.

Kepala SMK Negeri 3 Medan selaku koordinator acara sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut dan mengusulkan agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Karena sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswi dalam melakukan pencegahan dan penanganan terjadinya nyeri pada saat mentruasi, sehingga dapat menggangu kegiatan belajar jika tidak segera di tangani,” ujarnya.

Para peserta yang merupakan siswi SMK Negeri 3 Medan, sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang penanganan nyeri saat mengalami datang bulan/menstruasi. (KRO/RD)