Perdana Tahun 2024, Bupati Samosir Lanjutkan Pelayanan Melalui ‘Bunga Desa’

25

RADARINDO.co.id – Samosir : Bupati Samosir kembali melanjutkan pelayanan kepada masyarakat melalui Program Bunga Desa. Kali ini Bupati Samosir, Vandiko T Gultom membawa pelayanan sebagaimana pelayanan biasanya ditingkat kabupaten ke Desa Hutaginjang dan Desa Sigaol Marbun, Selasa (30/1/2024).

Pendekatan pelayanan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya untuk membantu dan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Pemerataan pelayanan, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan hal yang sama dari pemerintah Kabupaten Samosir.

Baca juga : Sidang Kasus Korupsi Gula Rp571 Miliar Mantan Dirut PT. KPBN dkk Terindikasi “Misterius”


Berbagai pelayanan gratis yang dibawa diantaranya, pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, BPJS gratis, pelayanan KB, penyuluhan stunting dan sosialisasi kekerasan perempuan dan anak, penyuluhan UMKM terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat, pengurusan perijinan berusaha, serta pelatihan pembuatan pupuk organik/POP.

“Kami bersama masyarakat mengapresiasi dan bersyukur atas kehadiran Bupati Samosir, sudah menyempatkan waktu dan pikiran. Semoga dengan kedatangan ini menambah pembangunan juga peningkatan SDM,” kata Ropendi yang mengaku sejak menjabat sebagai Kepala Desa, baru kali ini dikunjungi Bupati.

Ropendi meminta perhatian pembangunan jalan poros tengah sebagai penghubung Sigaol Marbun-Ronggurnihuta-Tomok. Dijelaskan, Desa Huta Ginjang memiliki banyak sejarah, sehingga perlu perhatian untuk menjaga dan merawat situs yang ada. Disamping itu, Ropendi meminta perhatian untuk pembangunan jalan dari Sigaol Marbun-Sitabotabo, pembenahan jalan dan sirtunisasi 9 jalan lingkungan sepanjang 1,5 Km, pembangunan jembatan Binanga Sipandangguri-Sitakko Asu dan jembatan Sibarabara Binanga Siguluan.

Sementara itu Kades Sigaol Marbun mengaku sangat bersemangat dengan kehadiran Bupati Samosir dan meminta pembangunan jembatan pintu bosi sebagai penghubung Sigaol Marbun-Hutaginjang. Menurutnya jembatan tersebut sangat penting demi kelancaran aktifitas masyarakat dan anak sekolah.

Baca juga : Sat Brimob Polda Sumut Kembali Gerebek Barak Narkoba dan Judi Tembak Ikan

Sedangkan, Bupati Samosir, Vandiko T Gultom menyampaikan, kehadirannya untuk melihat langsung kondisi desa, berjumpa dan menampung keluhan masyarakat, memotong birokrasi yang panjang sehingga kebutuhan masyarakat dapat dieksekusi langsung.

Diingatkan agar kepala desa dan perangkat desa untuk memahami tupoksi, dan benar-benar melayani masyarakat dengan tulus, demikian halnya antara kepala desa dan BPD dihimbau untuk bersinergi, menjalin komunikasi yang baik serta mengesampingkan ego sektoral demi pelayanan kepada masyarakat.

“Kami membawa pelayanan agar lebih dekat kepada masyarakat, semuanya bersifat gratis. Dengan kehadiran pelayanan maka biaya yang seharusnya dikeluarkan tidak perlu lagi dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Saya berkomitmen terhadap apa yang sudah saya janjikan, yang pastinya demi masyarakat Kabupaten Samosir. Mari melayani masyarakat bersama-sama,” imbuh Vandiko. (KR/RD/P Simbolon)